COCOLOGI (7): Suzuki Itu Terinspirasi dari Sulawesi

Sunday, June 5, 20160 komentar

COCOLOGI --- Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki. Perusahaan otomotif raksasa asal Jepang ini ada di seluruh penjuru dunia. Namun jarang yang tau asal penamaan Suzuki ini.

Konon kata saya, nama Suzuki berasal dari Sulawesi. Saat itu, salah seorang saudagar Jepang jalan-jalan ke Sulawesi. Dalam liburannya, orang Jepang tersebut melihat salah seorang anak bayi yang kehausan.

Orang-orang pun memanggil-manggil ibu yang punya air susu. "Susui-ki cepat. Susui ki... (beri susu)" Akhirnya, ada seorang ibu cantik jelita rela berbagi air susunya untuk sang anak tersebut. Anak bayi itu kemudian tertolong.

Orang Jepang tersebut takjub dengan kata-kata 'Susu-ki' karena mampu menolong sang bayi tersebut. Sepulangnya dari Sulawesi, sang saudagar Jepang itu lalu membangun sebuah perusahaan bernama 'Suzuki' yang nama itu terinspirasi dari kata Susui'ki'.

Harapan sang saudagar tersebut, agar kelak perusahaannya dapat membantu orang-orang meringankan bebannya. Seperti bisa menghidupi orang banyak dengan mempekerjakan mereka, dan produknya bisa dinikmati dan dimanfaatkan orang. (Warning: Jus cocologi)


#SulawesiHebat




Share this article :

Post a Comment

 
Support : TEKAPE.co | Arsip
Copyright © 2015. Catatan Abd Rauf - All Rights Reserved
Desain by Berita Morowali Powered by Abd Rauf