Belajar Dari Sosok Elisabeth Zakariah, Kabid KB-KR BPMP-KB Palopo

Monday, December 21, 20150 komentar

Elisabeth Zakaria Mangeke.
Sosok Elisabeth Zakariah Mangeke, SKM, MKes, bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. Kabid KB-KR BPMP-KB Kota Palopo ini punya banyak hal yang bisa menjadi pembelajaran. Baik dari segi pekerjaan, maupun dari perjalanan hidupnya dalam membina rumah tangga.

Ibu dari dua anak ini, pada awal karirnya sebagai PNS, bertugas Kanwil Dinas Kesehatan Sulsel. Pada tahun 1987, istri dari dr Daniel Rantetondok ini kemudian rela ke Malangke mengabdikan diri. Saat itu di Malangke masih sepi dan tanpa listrik. Jalanan masih seperti kubangan kerbau.

"Di Malangke, saya belajar banyak tentang orang susah. Disana saya merasakan betul bagaimana hidup susah. Sehingga disana saya tertempa menjadi pribadi yang tegar. Sampai saat ini saya bisa menjadi pekerja keras, karena sejak dulu saya sudah merasakan susah bertugas di tempat yang susah," tandasnya.

Perempuan kelahiran Palopo, 3 Agustus 1963 ini terbilang pengalaman dalam bertugas. Ia telah pindah tugas ke beberapa daerah. Setelah dari Malangke, anak dari pasangan Zakaria Mangeke dan Katrina Sunarni ini, kemudian ke Larompong 1990-1993, lalu pindah ke Toraja pada 2013, kemudian kembali lagi ke Palopo.

"Suami dan anak saya masih tinggal di Toraja. Tapi karena rasa tanggungjawab terhadap orangtua, saudara saya yang lima orang, harus pergi meninggalkan orangtua, sehingga saya berinisiatif pindah ke Palopo untuk menemani orangtua saya (ibu, red) yang sudah lanjut usia. Saya berprinsip, kapan lagi saya merawat orangtua saya kalau bukan sekarang. Sebab ibu saya tidak mau pindah dari rumah yang sekarang," ujarnya.

Karena berjauhan dengan sang suami, maka ia harus pulang ke Toraja tiap akhir pekan. Namun Ibu Elis, sapaan akrab Elisabeth, mengaku punya komitmen kuat untuk pekerjaannya. "Meski saya bermalam di Toraja Utara, Senin pagi pasti saya tidak pernah terlambat. Karena saya sudah biasa susah, sehingga hal-hal seperti itu tidak ada masalah," tandasnya.

Untuk menjaga harmonisnya rumah tangga, Elis mengaku selalu menyempatkan ibadah dan doa bersama dengan suami tiap akhir pekan. (***)

=================

Biodata

Nama : Elisabeth Zakariah Mangeke, SKM, MKes
TTL : Palopo, 3 Agustus 1963
Alamat : Jl Veteran No 60, Palopo
Jabatan Sekarang : Kabid KB-KR BPMP-KB Kota Palopo
Suami : dr Daniel Rantetondok MKes DP.DK
Anak :
- dr Restu Rantetondok
- Rama Rantetondok
Orangtua:
- Ayah: Zakaria Mangeke
- Ibu : Katrina Sunarni
Menantu : Syafari Mangopo, MKes, SpB.
Cucu : Nasyia Klarisa Ayu Bandaso.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : TEKAPE.co | Arsip
Copyright © 2015. Catatan Abd Rauf - All Rights Reserved
Desain by Berita Morowali Powered by Abd Rauf